Senin, 05 Desember 2016 |

5 Keunggulan SMP Labschool UPI



Bismillah, 

Tak terasa lima bulan masa PLP (Praktik Latihan Profesi) kini hampir berakhir. Segala puji bagi Allah yang telah menempatkan saya mengajar di SMP Laboratorium Sekolah UPI. Dan alhamdulillah saya pun bisa mendapat banyak pelajaran dari sekolah ini.

Ketika mendengar kata Labschool apakah yang akan terpikir dibenak kawan-kawan? Mungkin kebanyakan akan menjawab itu kan sekolah swasta, wah sekolah elit, anaknya nakal-nakal dan lain sebagainya. (berdasarkan pengalaman teman-teman saya berkata demikian)

Tapi nyatanya apa saya dapati justru sebaliknya. Alhamdulillah saya bisa mendapatkan banyak sisi religius dari sekolah yang berlokasi di dalam kampus UPI ini. Berikut ini adalah lima keunggulan SMP Labschool yang jarang ditemukan di sekolah-sekolah lain pada umumnya.

1. Keteladanan Kepala Sekolah

Kepala Sekolah SMP Labschool bagiku adalah sosok yang luar biasa. Kenapa?... karena hampir setiap hari beliau selalu mengusahakan untuk datang ke sekolah sebelum para siswanya datang. Dan apa yang beliau lakukan?... tidak lain adalah menyambut kedatangan siswa-siswanya di depan gerbang. MasyaAllah....
Pernah pula suatu hari saat saya bertugas piket beliau menghampiri ruang piket dan beliau meminta microphone untuk memimpin ngaji, doa, dan menyanyi lagu Indonesia Raya.

2. Siswa yang telat tidak boleh masuk kelas sebelum menghafal minimal 3 ayat surat An-naziat.

Menurutku ini adalah sebuah hukuman yang menarik dan langka diterapkan di sekolah umum swasta yang tanpa tittle islami seperti Labschool. Namun Labschool bisa menerapkan hal ini, dan hukuman ini pun cukup efektif.

3. Ada Remaja PECIMAS (Pecinta Masjid)

Kegiatan Pecimas ini diselenggarakan seminggu sekali setiap Hari Kamis dari jam 08.40-10.00. Di dalamnya terdapat kegiatan bertilawah bersama, shalat dhuha berjamaah, dan mendengarkan tausiyah dari guru-guru PAI ataupun ustadz-ustadz luar yang sengaja diundang oleh sekolah. Pembinaan pecimas yang dilaksanakan di Mesjid Al-Furqon UPI ini cukup efektif membuat siswa-siswa agar lebih mencintai mesjid dan agar terbiasa shalat sunnah. Disamping itu, dalam kegiatan Pecimas, BTAQ dan pembelajaran PAI semua siswi diwajibkan memakai jilbab meskipun kesehariannya mereka tidak berkerudung

4. Setiap Satu Semester Ada Surat Khusus yang Harus di Hafal Siswa.

Setiap hari sebelum belajar siswa harus membaca juga menghafal surat khusus yang ditetapkan per semesternya. Misalnya semester ini setiap hari mereka membaca surat An-naziat, semester sebelumnya surat Ar-Rahman. Disamping itu, merekanpun terbiasa membaca do’a dan menyanyikan lagu Indonesia Raya setelahnya tilawah. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan literasi yaitu membaca buku 10 menit setiap hari sebelum pembelajaran dimulai.

5. Terdapat Siswa-Siswa Istimewa (Berkebutuhan Khusus)

Tidak semua sekolah mau menerima siswa-siswa istimewa atau berkebutuhan khusus, tapi tidak halnya dengan SMP Labschool UPI. Disini hampir per dua kelas pasti ada satu siswa ABK. Awalnya saya kira mereka adalah anak-anak yang sama dengan yang lain, namun semakin hari saya jadi tahu kalau mereka istimewa. Dan sekolah ini dapat memperlakukan siswa-siswa tersebut sewajarnya siswa yang normal. Sayapun mencoba memahami keistimewaan mereka, ada yang tak pernah memperhatikan pelajaran namun dia jago dalam hal menggambar. Ada yang benar-benar pendiam namun rajin shalatnya. Ada yang super aktif tapi ternyata hatinya lembut dan berpengetahuan luas tentang islam. Dan MasyaAllah... semua ciptaan memang Allah tidaklah ada yang sia-sia

Itulah 5 keunggulan dari sekolah SMP Labschool UPI. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi guru-guru atau pengelola pendidikan dimanapun berada. 



Elfatunnisa Faridah, 30DWC hari ke-5

0 komentar:

Posting Komentar