Selasa, 16 Februari 2016 |

Mentafakuri Waktu


Bismillah, untuk #3DWC yang kedua ini mari kita berbicara mengenai waktu, berhubung ada hal sangat saya sesali hari ini karena belum bisa optimal memanfaatkan waktu yang Allah beri.

Waktu adalah salah satu nikmat Allah swt yang tak ternilai harganya bahkan dengan uang sekalipun, saking berharganya maka tak layak untuk disia-siakan. Bahkan di dalam Alquran pun Allah bersumpah beberapa kali “Demi Waktu” seperti dalam surah Al-Ashr salah satunya.

Jika coba direnungkan, waktu berjalan begitu cepat tanpa bisa ditahan, 30 hari terasa seperti seminggu, sehari seperti sejam. Subhanallah.... Dan Allah pun berkata bahwa “manusia pasti merugi” ketika ia kehilangan waktu begitu saja. Tanpa disadari setiap hari kita pun semakin dekat dengan waktu kematian kita dan hari yang telah berlalu tak kan pernah bisa kembali.

Maka sudah sepatutnya kita terbiasa mentafakuri waktu-waktu kita di awal atau penghujung malam, atau di setiap aktivitas kita. Misalnya kita periksa (tanya hati) sudahkah waktu kita benar-benar di isi dengan kebaikan? Hal apa saja yang dilakukan hari ini? Periksa, banyak manfaat atau sia-sia? Periksa pula adakah dari waktu kita yang bisa jadi bekal untuk akhirat?

Misalnya malam ini saya coba mentafakuri diri sendiri, ternyata banyak hal yang saya lewatkan seharian ini, diantaranya target hafalan, target tilawah yang terbengkalai, buku yang tidak terbaca, juga tugas kuliah yang belum terselesaikan, sementara saya renungkan kembali bahwa hari ini saya “Free” dalam artian tak ada jadwal ke kuliah, tapi mengapa bisa begitu lalai? Maka ditemukanlah, oh hari ini terlalu banyak ngobrol yang tak manfaat, hari ini makannya terlalu lama, hari ini kebablasan tidur siang, dan terlalu banyak tetek bengek hal kecil yang seharusnya tidak dilakukan. Semoga Allah ampuni dosa-dosa saya.

Kalau sudah begini benarlah kata ustad Nouman Ali Khan bahwa terkadang yang mencelakakan kita itu adalah waktu luang. Semoga Allah senantiasa membimbing kita untuk dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dan dapat mengisi setiap detik kita dengan amal shaleh.aamiin

0 komentar:

Posting Komentar