Sabtu, 27 Februari 2016 |

SOSMED ITU...

Saudaraku, saat ini kita hidup di zaman dimana media sosial (sosmed) menyebar luas, baik facebook, twitter, line, instagram, Path dan lain sebagainya.

Kita bebas mengakses sosmed yang kita punya sesuka hati kita, berkomunikasi, melihat gambar warna-warni, menjelajah ke sana kemari, tanpa ada yang mengganggu tanpa ada batasan waktu.
Dan sosmed itu bisa dikatakan seperti mengandung zat adiktif yang mana sulit ditinggalkan dan bikin ketagihan. Mungkin teman-teman merasakan sendiri, apalagi saat ini ketika semuanya telah berada dalam genggaman seolah kitapun semakin sulit untuk melepaskannya.

Dari sana mari kita sedikit bertafakur, dan bertanya pada diri sendiri. Sudahkah sosmed ini benar-benar dimanfaatkan untuk kebaikan? Lebih banyak manfaatnya kah tau lebih banyak mudaratnya? Dengan sosmed ini apakah membuat kita makin deket ke Allah atau malah makin jauh? Mari kita bandingkan pula kebersamaan kita akan sosmed sudahkah sebanding dengan kebersamaan kita akan al-qur’an?...

Jika jawabannya lebih banyak mudarat maka kita harus perbanyak istigfar dan mencoba menekadkan diri untuk lepas dari sosmed tersebut kecuali yang benar-benar urgen. Misalnya cukup punya akun facebook aja karena disana bisa mewakili twitter dan IG dalam hal bisnis atau komunikasi dengan teman, sehingga waktu kita pun tak banyak sia-sia. Karena sangat disayangkan ketika kita kepo atau scroll-scroll layar Hp cuma untuk tahu urusan orang lain yang tak ada manfaatnya. Karena sesungguhnya yang perlu di ingat juga adalah bahwa kita hidup di dunia ini sangat sebentar, sebagaimana firman Allah dalam surah Al-mu’minun ayat 112 & 113 bahwa kita hidup di dunia ini gak sampai sehari bahkan setengah hari. So... mulai sekarang mari kita uninstall sosmed-sosmed yang dirasa tak perlu. Buktinya dulu tanpa sosmed pun kita masih bisa hidup, kenapa sekarang nggak. 

Salahsatu motivasi saya dalam melakukan hal ini adalah sebuah ungkapan (entah hadis atau bukan) “barangsiapa yang meninggalkan sesuatu karena Allah maka pasti Allah ganti dengan yang lebih baik” maka mari kita yakini ungkapan itu, insyaAllah kita bisa melakukannya! J

Ketahuilah sahabatku, diantara salahsatu hikmah merebaknya sosmed di zaman kita ini adalah agar Allah tahu siapa dari hamba-hambaNya yang benar-benar takut kepadanya.
Allah Subhanahu Kwa Ta’ala berfirman : “Supaya Allah mengetahui siapakah orang yang takut kepadanya, dalam keadaan tak seorangpun melihatnya.” (Qa. Al-Ma’idah 94)

Subhanallah ...
Allah menguji kita dengan sosmed agar kita tahu seberapa besar rasa takut kita kepadanya. Apakah dengan sosmed kita semakin takut kepadanya, atau malah rasa takut kita kepadanya menjadi sirna?
Saudaraku, engkaulah yang lebih mengetahui tentang jawaban itu, dan Allah lebih mengetahui tentang dirimu, dan apa saja yang engkau kerjakan.

#SELF REMEMBER (sumber: Shahih Fiqih dengan beberapa penambahan)



[Elfatunnisa Faridah for #30DWC day 13]

0 komentar:

Posting Komentar