Minggu, 21 Agustus 2016 |

Sehidup Sesurga


Mohon maaf jika judul tulisannya bikin baper, maksud dari tulisan ini adalah sekedar ingin berbagi mengenai apa yang saya dapat dari sharing bersama sahabat mengenai memilih teman hidup.


Yang terpenting sebelum memutuskan untuk menikah adalah meluruskan niat agar benar-benar untuk meraih ridho Allah, dan tentu untuk seorang akhwat disarankan untuk menyegerakan dengan alasan untuk menjaga diri terlebih menjaga hati.(sebenarnya ikhwan juga sama saja jika sudah ada niatan dan sudah mampu lebih baik disegerakan) Karena memang ada hati yang harus dijaga dan bahwa hati ini memang rawan tergoda, rawan tergelincir hingga bermaksiat. Disatu sisi bahwa akhwat-pun harus memperhatikan mengenai usia yang tentu berkaitan dengan masa subur, maka jika sudah ada calon kenapa harus ditunda.

Berikut ini adalah pesan sahabat yang disampaikannya padaku tadi pagi. 
“Jangan menolak ikhwan yang aqidahnya lurus, yang khusu shalatnya yang menangis ketika membaca ayat-ayatnya, jangan sekedar mencari pendamping yang memiliki keilmuan yang tinggi namun carilah seseorang yang ilmunya tercermin dalam akhlaknya. Yang lisannya senantiasa terjaga, mengatakan sesuatu yang memang penting, perlu dan manfaat saja. Jika ada ikhwan yang demikian maka insyAllah dia tidak akan menyakitimu. Ingatlah bahwa menikah itu bukan untuk sehari dua hari, namun sehidup sesurga. Sehingga tidak boleh terburu-buru pula dalam berproses. Sangat disayangkan ketika saat ini banyak ihkwan yang bisa dikatakan luas ilmunya namun akhlaknya kurang baik, sehingga tingkat pendidikan,lulusan luar negeri, ataupun hafidz qur’an tidak seutuhnya jadi jaminan bahwa dia adalah orang baik.”

“Tak apa menikah meskipun belum khatam/hafal al-quran 30 juz karena setelah menikah-pun hal itu masih bisa diperjuangkan bersama, yang terpenting sudah ada tekad untuk sama-sama belajar mencintai Al-qur’an.” begitu tambahnya.


#tidak bermaksud menggurui. Semoga bermanfaat untukmu yang bimbang dalam menentukan pilihan. :)


0 komentar:

Posting Komentar