Kamis, 03 Maret 2016 |

Kasmaran


Ada sebuah ungkapan menarik dari buku yang sedang saya baca saat ini yaitu buku : Ad-Daa’ wa Ad-Dawaa’ : Macam-Macam Penyakit Hati yang Membahayakan dan Resep Pengobatannya sebuah buku karya Ibnu Qayyim al-Jauziyyah. Dan saya rasa ungkapan ini sangat cocok untuk para kaula muda yang sedang dilanda asmara.
  ( مَنْ عَشِقَ وَ كَتَمَ وَ عَفَّ وَ صَبَرَ؛ غَفَرَ الله لهُ و أَدْخَلَهُ الجَنَّةَ )
Barang siapa yang kasmaran (jatuh cinta) lalu menyembunyikannya, menjaga kehormatan dirinya, dan bersabar atasnya, niscaya Allah akan mengampuninya dan memasukkannya ke dalam surga
MasyaAllah, indah bukan kalimat itu dan itu adalah hadits yang di marfu’kan oleh Ibnu Abbas ra.

Betapa ungkapan itu sangat jauh berbeda dengan keadaan para remaja saat ini yang banyak mengumbar perasaannya, apakah melalui status di media sosial atau mungkin banyak curhat sana sini.

Dan ternyata kasmaran itu adalah salahsatu penyakit hati yang berbahaya bahkan dikategorikan ke dalam kekufuran jika pelakunya menjadikan apa yang dicintainya sebagai tandingan bagi Allah. Tanda kasmaran yang termasuk perbuatan syirik dan kekufuran adalah pelakunya lebih mengutamakan keridhaan orang yang dicintainya daripada keridhaan Rabbnya.
Contoh sederhana, misalnya ketika dia lebih senang berjumpa dengan pujaan hatinya daripada berjumpa dengan Rabbnya (ex: shalat).

Maka salahsatu cara untuk mengobati penyakit ini adalah dengan berusaha memahami tauhid dengan benar, wajib mengetahui sunnah-sunnah-Nya, dan ayat-ayat-Nya. Kemudian harus memperbanyak ketaatan dan memohon pada-Nya untuk memalingkan perasaan cinta tersebut dan mengembalikan hati kepada-Nya.

Kalau kata Aa Gym mah jika jatuh cinta “bungkus dan serahkan ke Allah” jadi cukup hanya Allah saja yang tahu isi hatimu dan titipkan rasa cintamu pada-Nya. Mohon pula agar kecintaanmu pada makhlukNya, tidak mengalahkan cintamu pada-Nya.

Sekali lagi, mari kita hayati hadits di atas : Barang siapa yang kasmaran lalu menyembunyikannya, menjaga kehormatan dirinya, dan bersabar atasnya, niscaya Allah akan mengampuninya dan memasukkannya ke dalam surga

Maka hanya ada 3 hal yang perlu dilakukan orang yang jatuh cinta : SEMBUNYIKAN, JAGA DIRI, dan SABAR, maka Allah anugerahkan ampunan dan syurga-Nya. Teman-teman mau surga kan? Mari praktekkan!
Wallahu’alam.


0 komentar:

Posting Komentar