Selasa, 08 Maret 2016 |

Derita Jomblo, Kifarat Dosa


Jomblo adalah ujian. Punya pacar (pacaran) adalah musibah. Punya pasangan yang halal (menikah) adalah rahmat.

Allah swt berfirman dalam Surah Ali-Imran ayat 14-17 :
Dijadikan terasa indah dalam pandangan manusia cinta terhadap apa yang diinginkan, berupa perempuan-perempuan, anak-anak, harta benda yang bertumpuk dalam bentuk emas dan perak, kuda pilihan hewan ternak dan sawah ladang.Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik.
Katakanlah,“Maukah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu?” bagi orang-orang yang bertakwa (tersedia) disisi Tuhan mereka surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya, dan pasangan-pasangan yang suci, serta rida Allah. Dan Allah Maha Melihat hamba-hamba-Nya.
(Yaitu) orang-orang yang berdoa “Ya Tuhan kami, kami benar-benar beriman, maka ampunilah dosa-dosa kami dan lindungilah kami dari azab neraka.”
(Juga) orang-orang yang sabar, orang yang benar, orang yang taat, orang yang meninfakkan hartanya, dan orang yang memohon ampunan pada waktu sebelum fajar.”

Cinta adalah ujian yang menarik bagi setiap hamba dengan kondisinya yang berbeda-beda tapi lebih banyak yang di uji dengan cinta ini adalah yang belum menikah.
Cinta telah menjadi berhala yang paling besar di masyarakat kita saat ini sampai-sampai jadi sesembahan dengan dalih “atas nama cinta”. Buktinya telah banyak orang bunuh diri atas nama cinta, mengkhianati perjanjian atas nama cinta, sampai melakukan dosa-dosa besar atas nama cinta. Nau'dzubillah.

Beberapa hal yang perlu diketahui oleh para jomblo :
1. Berbahagialah kalian jika kalian adalah jomblo karena Allah memberi pahala tergantung tingkat kesulitannya dalam beramal. Maka ketika saat ini anak muda banyak ujian atau godaan untuk main ke mall, jalan-jalan (hang out) misalnya, atau melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat lainnya, maka pahala yang besarlah untuk anak muda yang memilih menghabiskan masa muda nya untuk berkumpul dengan halaqah dakwah, duduk-duduk di majelis ilmu, sementara pada masa itu banyak pemuda lain menghabiskan waktu dengan pacarnya. Dan Rasulullah pun pernah mengungkapkan bahwa anak muda yang datang ke mesjid lebih dicintai Allah daripada orang tua yang datang ke mesjid.

2. “Pemuda yang tumbuh dalam ketaatan kepada Allah swt termasuk dalam salah satu dari tujuh golongan yang akan mendapatkan naungan Allah di hari kiamat, ketika begitu panasnya hari itu dan tak ada satu orang pun yang dapat selamat kecuali dengan naungan-Nya. Kemudian urutan kelima dalam golongan tersebut juga ditujukan bagi “seseorang yang digoda oleh wanita yang kaya dan cantik tapi menolak ajakannya karena takut kepada Allah.

3. Dalam sebuah hadits diungkapkan bahwa “ibadah yang paling baik adalah menunggu kelapangan di masa-masa yang sulit”. Jadi menunggu hadir nya jodoh adalah ibadah yang afdhol, karena menunggu dengan sabar hadirnya kekasih dunia akhirat maka penantiannya adalah ibadah setip hari. Hal ini berlaku semenjak seseorang itu terpikir ingin menikah sampai tiba datangnya jodoh, maka setiap detiknya dapat dikatakan ibadah.

4. Termasuk tiga tipe manusia yang pasti ditolong Allah, yaitu mujahid fii sabilillah (yg berjihad di jalan Allah), yang menikah karena menghindari zina, dan yang menjaga iffah.


Maka pesan terakhir untuk para jomblo sesuai dengan qur’an surah An-Nur ayat 33 : “Dan orang-orang yang tidak mampu menikah hendaklah menjaga kesucian (dirinya), sampai Allah memberikan kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya....” 


0 komentar:

Posting Komentar